Kegiatan Penutupan Program Tahsinul Qiro’ah Imam Masjid Se-Kota Madiun

Kamis, 01 April 2021 pukul 09.54 WIB bertempat di Masjid Al Huda Jalan Slamet Riyadi Nomor 10 Kelurahan Klegen Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun telah dilaksanakan kegiatan “Penutupan Program Tahsinul Qiro’ah Imam Masjid Se-Kota Madiun dan Tasyakuran Yayasan Hayatul Huda” dengan penanggung jawab kegiatan Ketua DMI (Dewan Masjid Indonesia) Kota Madiun KH. Mas’ud M.Pdi.

Kegiatan dihadiri sekitar 60 orang. Turut hadir Walikota Madiun Drs. Maidi Sh, MM, M.Pd; wakalpolres Madiun Kota Kompol Joes Indra Lana Wira SH, MH; Kapolsek Kartoharjo Kompol Lilik Sulastri, SH; Bati Komsos Koramil Type B Kodim 0803/15 Kartoharjo Peltu Ismanu; Camat Kartoharjo Anita Maharani, S. STP, MM; Ketua DMI (Dewan Masjid Indonesia) Kota Madiun KH Mas’ud M. Pdi; Ketua MUI Kota Madiun Drs. H. Sutoyo M.Ag; Pengusaha/ Penyandang dana kegiatan Tahsinul Qori’ah dari Surabaya Habib Hasan Wiryanto; beserta perwakilan Imam Masjid Wilayah Kota Madiun hasil dari kegiatan Tahsinul Qori’ah.

Kegiatan dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua DMI Kota Madiun KH. Mas’ud M. Pdi. Dalam sambutannya KH. Mas’ud M.Pdi menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah kegiatan yang diikuti oleh 83 orang imam masjid dari Bulan Desember 2020 hingga bulan Maret 2021 dengan materi pembacaan lafadz dari Juz Amma hingga Juz 30 yang mana harapannya adalah imam masjid menjadi penentu keabsahan ibadah sholat berjamaah. Seusai kegiatan ini dilaksanakan kegiatan taklidz Al Qur’an untuk anak-anak dengan jumlah semula 53 orang yang akhirnya saat sekarang telah dilaksanakan selama 5X pertemuan dengan peserta 43 orang. Lebih lanjut lagi pada Bulan Ramadhan mendatang akan dilaksanakan majelis taklim di 27 wilayah Kelurahan di Kota Madiun dalam rangka kembali menggiatkan dan menyemarakkan kegiatan di Bulan Ramadhan nanti.

Wakapolres Madiun Kota Kompol Joes Indra Lana Wira Sh, MH menghimbau kepada para tamu yang hadir dan mengajak masyarakat untuk tidak terprovokasi atas kejadian akhir-akhir ini dan juga terhadap orang-orang yang mengaku sebagai imam maupun pemuka agama serta orang yang tidak bertanggung jawab. selain itu juga Wakalpores Madiun Kota juga menyampaikan untuk ikut memelihara kamtibmas di wilayah Kota Madiun.

Acara selanjutnya yaitu dengan penyerahan sertifikat oleh Walikota Madiun dan beasiswa oleh Habib Hasan Wiryanto.

Dalam sambutannya Walikota Madiun Drs. Maidi SH, MM, M.Pd menyampaikan bahwa Kota Madiun diundang ke Kota Jenewa Swiss dalam rangka menerima penghargaan. Hal itu merupakan hasil dari doa yang tulus dan ikhlas sehingga dapat memberikan sebuah hal yang baik dan bagus dalam hal ini nantinya akan menjadi sebuah titik balik dan awal yang bagus di dalam pelaksanaan kebijakan pemkot Madiun. Walikota Madiun juga menyampaikan rencananya akan dilaksanakan kegiatan Doa bersama anak-anak yatim pada tanggal 09 April 2021 tepat 2 tahun MADA menjabat.

Bapak Walikota Madiun juga menyampaikan nantinya akan didirikan perkampungan Arab di Kota Madiun untuk anak-anak yatim piatu di Kota Madiun yang mampu menghafal Al Qur’an 30 Juz dan rencananya di perkampungan Arab tersebut akan dipekerjakan bagi mereka yang mempunyai kehidupan kurang beruntung. Lebih lanjut lagi, dalam sambutannya Bapak Walikota Madiun mengajak takmir masjid untuk ikut berwirausaha dengan memanfaatkan lapak UMKM yang telah dibangun oleh Pemkot Madiun.

Diakhir acara ditutup dengan pembacaan doa oleh Ketua MUI Kota Madiun Drs. H. Sutoyo, M.Ag dan acara dapat berlangsung dengan aman dan lancar.