Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun Siapkan Penanganan Konflik Melalui Rakor 3 Pilar

Madiun-Demi terwujudnya kesejahteraan dan rasa toleransi antar warga, Kecamatan Kartoharjo mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) 3 Pilar yang diselenggarakan pada Senin, (25/2) di Gedung Karta Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun. Acara yang digelar dengan tujuan untuk membentuk tim terpadu penanganan konflik sosial ini dilakukan untuk menangkal timbulnya konflik sosial di Kota Madiun. Dalam kesempatan ini pula selain 3 Pilar, Kecamatan Kartoharjo.

Tujuan Penanganan Konflik Sosial ini, adalah  untuk menciptakan kehidupan masyarakat yang aman, tentram, damai dan sejahtera. Lalu memelihara kondisi damai dan harmonis dalam hubungan sosial kemasyarakatan. Meningkatkan tenggang rasa dan toleransi, memelihara fungsi pemerintahan, melindungi jiwa, harta benda, serta sarana dan prasarana umum. Serta memberikan perlindungan dan pemenuhan hak korban, dan memulihkan kondisi fisik dan mental masyarakat serta sarana dan prasarana umum.

Tujuan Penanganan Konflik Sosial, menurut Pasal 3 undang-undang ini, adalah  menciptakan kehidupan masyarakat yang aman, tenteram, damai dan sejahtera. Lalu memelihara kondisi damai dan harmonis dalam hubungan sosial kemasyarakatan. Meningkatkan tenggang rasa dan toleransi, memelihara fungsi pemerintahan, melindungi jiwa, harta benda, serta sarana dan prasarana umum. Serta memberikan perlindungan dan pemenuhan hak korban, dan memulihkan kondisi fisik dan mental masyarakat serta sarana dan prasarana umum.

Camat Kartoharjo Tjatoer Wahjoedianto, S.Sos menjelaskan potensi konflik seperti konflik individu, konflik antar masyarakat, antar suku, antar agama (aliran) kerap menimbulkan keresahan masyarakat. Karena itu, sangat perlu dilakukan pembentukan tim terpadu supaya dapat melakukan deteksi dini dan cegah dini terhadap potensi konflik yang ada di masyarakat khususnya di Kecamatan Kartoharjo. Dengan terbentuknya tim terpadu penangan konflik sosial ini dapat menangkal timbulnya konflik sosial di Kota Madiun khususnya di Kecamatan Kartoharjo. Camat Kartoharjo mengharapkan, kepada tim terpadu penanganan konflik sosial yang telah dibentuk dapat mengoptimalkan peran forum. Kita perlu menjalin komunikasi dengan tokoh agama, tokoh adat dan berbagai lapisan masyarakat. Hal itu termasuk melakukan deteksi dini konflik dan pencegahan dengan melibatkan berbagai forum yang ada.

#100ThMadiun
#KotaKarismatik
Kritik dan Saran : kecamatankartoharjo@gmail.com